Jaringan 5G Telkomsel, Indosat, 3, Axis Bakal Meluncur Tahun 2019

Tuesday, September 11th, 2018 - Komputer

Selamat datang di website kami yang menjadi tempat berbagi informasi terkait dengan perkembangan teknologi terbaru yang mungkin Anda butuhkan, Jaringan 5G Telkomsel, Indosat, 3, Axis Bakal Meluncur Tahun 2019.

Teknologi 5G Sangat Cepat – Tahun 2019 menjadi revolusi perubahan terutama pada teknologi. Salah satunya operator telekomunikasi Amerika Serikat, AT&T dan Verizon menjadi yang pertama mengumumkan jaringan ponsel 5G setelah beberapa kali melakukan analisis.

Verizon dan AT&T akan meluncurkan jaringan di tiga hingga lima wilayah Amerika Serikat di tahun 2018 ini. Mereka juga akan bergabung dengan mitra untuk mendukung rencana jaringan 5G.

Ada Verizon yang menggandeng samsung untuk mengadopsi jaringan 4G dan mendukung proses pengembangan jaringan 5G. Dengan kerjasama ini, Samsung akan memberikan verizon sejumlah router 5G, unit radio akses 5G beserta pemancar gelombang dan elemen RAN tervisualisasi, serta layanan frekuensi 5G.

Sedangkan AT&T kabarnya juga akan menyediakan jaringan 5G, namun pada tahun 2018 akhir. Berbeda dengan Verizon, AT&T akan meluncurkan jaringan 5G yang berbasis 5G New Radio sesuai dengan spesifikasi 3rd Generation Partnership Project (3GPP).

Namun kedua perusahaan telekomunikasi, Verizon dan AT&T belum bisa meluncurkan di tahun 2018 walaupun sebelumnya sudah mempersiapkan blueprint. Hal tersebut mereka ingin fokus memperbaiki infrastruktur agar jaringan dapat berfungsi dengan baik. Kabarnya jaringan 5G ini dapat bisa dinikmati pada 2020 mendatang.

Baca juga: Cara Cek Nomor Telkomsel Simpati AS Milik Sendiri

Bicara tentang keunggulan, 5G memang sedikit berbeda dengan jaringan 4G, hal itu berbeda pada kecepatan dan juga akan hemat daya dibandingkan generasi sebelumnya. Soal perangkat yang mendukung jaringan 5G juga diklaim lebih hemat daya juga.

Dibalik keberadaan 5G juga diprediksi akan mempengaruhi pertumbuhan gadhed Internet of Things (IoT). Pasalnya, transaksi data juga akan lebih cepat dengan adanya jaringan 5G.

Jaringan 5G Telkomsel, Indosat, 3, Axis Bakal Meluncur Tahun 2019 | Aulia Ayu | 4.5