Cara Mempercepat Komputer Yang Lemot

Saturday, June 3rd, 2017 - Komputer, Tips Trik

Selamat datang di website kami yang menjadi tempat berbagi informasi terkait dengan perkembangan teknologi terbaru yang mungkin Anda butuhkan, Cara Mempercepat Komputer Yang Lemot.

Mempercepat Komputer – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa penyebab mengapa laptop atau komputer menjadi lemot dan bagaimana cara mengatasinya.

Sebagai perangkat elektronik masa kini memang keberadaan laptop sangatlah penting karena sebagai penunjang berbagai kegiatan seperti misalnya mengerjakan tugas kuliah, pekerjaan dan lain sebagainya. Namun bagaimana kalau saat kita ingin terburu-buru tapi laptop justru terasa sangat lemot?

Sebelum kita jauh membahas cara mempercepat kinerja laptop alangkah baiknya kita cari tau lebih dulu apa saja penyebab yang membuat laptop ataupun PC tersebut menjadi lemot. Sebenarnya banyak hal yang menyebabkan hal itu terjadi dan disini saya coba menjabarkan apa saja penyebab utamanya yang mungkin saja salah satunya sedang anda alami.

Berikut penyebab laptop jadi lemot :

1. Sistem Registry
Anda harus tau kalau semakin banyak software yang diinstal pada laptop maka semakin menambah beban sistem registry. Kalau laptop kamu memiliki spesifikasi tinggi mungkin tidak ada masalah, namun bagi yang low spek sebaiknya hindari hal itu.

2. Ruang Harddisk
Kapasitas harddisk yang mulai penuh juga bisa menyebabkan laptop menjadi lebih berat. Jadi periksa kembali laptop kamu dan hapus file apa saja yang dianggap tidak begitu penting.

3. Antivirus
Antivirus memang memiliki peran yang sangat penting, namun alangkah baiknya gunakan antivirus yang tidak begitu berat dan sesuai dengan spesifikasi laptop yang kamu pakai.

4. Spyware
Spyware merupakan program yang berjalan sendiri tanpa sepengetahuan kita, untuk itu spyware tersebut dengan anti spyware yang ter-update.

Itulah beberapa penyebab yang membuat laptop kita menjadi lemot. Nah kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi laptop lemot tersebut. Berikut ulasannya :

  • Sesuaikan laptop yang kamu gunakan dengan OS didalamnya, jika memakai laptop dengan RAM 1 GB ke bawah lebih baik pakai window xp saja sedangkan untuk diatas itu bisa memakai OS windows 7, 8 atau 10.
  • Spesifikasi laptop juga sangat penting misalnya saja untuk yang standar spek jangan dipaksa untuk membuat berbagai program penting seperti editing video, desain grafis atau bermain game.
  • Jika kamu ingin memasang antivirus di PC lebih baik gunakan yang benar-benar bermanfaat namun ringan, sangat tidak disarankan memasang lebih dari 1 antivirus karena justru membuat laptop menjadi bekerja lebih berat.
  • Hapus software-software yang tidak perlu atau tidak penting.
  • Matikan software yang berjalan saat loading Startup karena justru akan memakan waktu lebih lama saat menyalakan laptop.
  • Lakukan Defrag Harddisk yang berfugsi menata kembali file-file pada hard disk yang bernatakan sehingga bisa mempercepat saat file tersebut dibuka, kamu bisa memakai software Defraggler yang dapat diunduh secara gratis.
  • Instal CCleaner yang merupakan software gratis pembersih data tidak penting, mempercepat serta mengoptimalkan kinerja pada komputer PC atau laptop.

Baca juga : Cara Download BBM For PC Tanpa Bluestacks

Cara Mempercepat Komputer Yang Lemot | hpaja | 4.5